Jumat, 17 April 2015

PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT (Review)



Nama             : KAUTSAR KIMIATUS SA’ADAH
NPM              : 21401072104
Kelas              : PENDIDIKAN MATEMATIKA / 2-C


Untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar matematika, perlu adanya suatu media yang menarik dan dapat membantu siswa memfokuskan perhatian terhadap pembelajaran. Media yang menarik tersebut dapat berupa media yang di dalamnya dikemas unsur hiburan. Perpaduan dan kombinasi antara matematika dan unsur hiburan dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan media pembelajaran berbasis komputer yang efektif.
Dalam hal ini guru bisa mengemas “Matematika” dengan pemilihan teknologi Adobe flash CS5 yang dalam pembuatan media pembelajaran berbasis  Adobe flash CS5 ini mendukung penyampaian pesan melalui gambar yang bergerak ( animation ), teks dan suara. Hal ini akan membantu preoses pembelajaran secara audio visual. Media pembelajaran ini akan meng-audio visualkan materi, contoh kasus, pertanyaan, dan lain-lain, sehingga penyajian materi lebih menjadi menarik dibandingkan dengan penjelasan biasa.
Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media dalam pembelajaran khususnya media berbasis komputer. Sehingga bisa diketahui kebutuhan atau keefektivan pengembangan media berbasis komputer. Selanjutnya dianalisis pula software yang akan digunakan untuk mengembangkan media tersebut, yaitu  Adobe Flash CS5. Analisis yang dilakukan meliputi kegunaan, aplikasi-aplikasi yang ada dalam software tersebut serta file dengan ekstensi apa saja yang support dengan  Adobe Flash CS5.
Tujuan pengembangan tulisan ini adalah untuk   menghasilkan multimedia pembelajaran  yang interaktif  pada pokok bahasan Prisma dan Limas dan memfasilitasi para pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar dikelas sehingga penyampain materi lebih interaktif serta meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai suatu materi.
Pentingnya pengembangan media Adobe Flash CS5 ini untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap dunia pendidikan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berfikir kreatif dan juga agar proses pembelajaran lebih menarik, jumlah waktu untuk mengajar lebih efesien, belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja.
Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer untuk bahan kajian bangun ruang untuk siswa SMP kelas VIIII yang disajikan dalam bentuk CD pembelajaran.

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa - The J&M Hub
    Borgata Hotel 김제 출장마사지 Casino & Spa, 강원도 출장샵 Atlantic City. Hotel & 삼척 출장마사지 Casino & Spa. 8 restaurants, two bars & 2 lounges; 1 충청북도 출장샵 coffee shop; 3 sports 속초 출장마사지 events & a

    BalasHapus